Usaha rumah kontrakan/ rumah sewa merupakan salah satu usaha yang cukup populer di Indonesia khususnya di kota kota besar maupun di daerah pinggiran kota besar seiring dengan maraknya pertumbuhan daerah perindustrian. Harga properti yang menjulang tinggi dan kemampuan daya beli yg terbatas dikalangan pekerja membuat bisnis ini berkembang bak jamur. Banyak rumah sewa/ atau kos mewah yang dibangun dengan penuh kenyamanan untuk memanjakan penghuninya namun boros energi karena kurangnya disain yang baik sehingga mengandalkan pencahayaan dan penghawaan buatan sehingga biaya operasional menjadi tinggi, sementara lebih banyak lagi rumah sewa atau kos yang dibangun apa adanya tanpa memperhatikan kenyamanan penghuni.

Lahan yang ada dimaksimalkan untuk membangun kamar sebanyak banyaknya tanpa memperhitungkan sirkulasi dan pencahayaan alami yang baik dan tanpa pula didukung oleh penghawaan buatan.. Padahal bila bangunan tersebut didisain dengan baik, walau dengan material bangunan yang murah bisa membuat bangunan tersebut lebih layak untuk tempat tinggal, menjadi tempat tinggal yang sehat dan hemat energi dan tentunya meningkatkan daya sewa.

Berikut beberapa contoh disain rumah sewa yang telah kami buat, yang lebih memperhatikan faktor faktor pencahayaan dan penghawaan alami.

Kontrakan Bp. Darjo di Bekasi.

Bangunan 2 lantai dengan 4 petak sewa ini, masing masing ruangan memiliki akses pencahayaan dan penghawaan alami sehingga sirkulasi udara begitu terjaga.

 

Kontrakan Bp Sugi, Bekasi

Sisa lahan 62m2 disamping rumah Bp. Sugi di tanah kavling di Bekasi di manfaatkan menjadi bangunan 2 lantai untuk usaha kontrakan 4 pintu. Organisasi ruang didisain agar tiap ruang mendapatkan pencahayaan alami dan sirkulasi udara yang baik.

Kontrakan Bp MAS. Sridjoko di Kabupaten Bekasi 

Rumah Bp. M.A.Sridjoko. di Bekasi dilahan seluas kurang lebih 137 m2. Selain rumah tinggal, sebagian area juga diperuntukkan untuk rumah kost/kontrakan. Pengelolaan ruang di area yang tidak terlalu luas menjadi tantangan tersendiri dalam mendisain bangunan ini.